Kerjasama XL Axiata & Pemprov NTB Ciptakan XmartCities Lombok

February 12, 2016
Horas bah!!!

Sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terkemuka di Indonesia, XL terus berusaha meningkatkan kinerja serta pelayanannya. Bukan hanya sekedar perbaikan struktur dan infrastruktur saja, namun juga memperluas kerjasama dengan jajaran pemerintahan dalam menghadirkan layanan-layanan (aplikasi) digital terbaru. Setelah sebelumnya sukses bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pamekasan dalam peluncuran aplikasi digital mFish. Pada tanggal 11 Februari 2016, XL kembali menjalin kerja sama dengan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) guna menciptakan XmartCities Lombok dalam empat layanan digital terbaru. Keempat layanan tersebut adalah pemesanan pemakaman, pembayaran pajak kendaraan bermotor dengan XL Tunai, konten video dakwah bagi para ulama lokal, dan media komunikasi bagi panti asuhan.
(Kiri - Direktur Digital Services XL, Ongki Kurniawan, Kanan - Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Madji)
“Keempat layanan digital ini akan mengantar Provinsi NTB menjadi salah satu provinsi yang terdepan dalam memanfaatkan solusi digital dalam mengatasi problem sosial masyarakat, termasuk dalam menerapkan e-goverment. XL akan berusaha membantu pengembangan kerjasama ini di masa mendatang. XL mendukung program IBP (Internet Broadband Plan) & Smart City yang dicanangkan pemerintah, dengan memfasilitasi masyarakat Lombok dan sekitarnya untuk mendapatkan kemudahan terhadap informasi religi dan sosial,  melalui solusi digital dan jaringan 4G LTE XL.” Kata Direktur Digital Services XL, Ongki Kurniawan.

Pemesanan Pemakaman
Tampilan website Pemesanan Pemakaman

Apa yang kita pikirkan saat ada saudara atau kerabat yang meninggal? Biaya pemakaman, masa depan keluarga, nasib keluarga yang ditinggal. Tentu lahan buat pemakaman, betul? Selama ini mungkin kita bisa mendapat informasi tempat (lahan) pemakaman kosong melalui teman, kerabat, tetangga, atau tanya sana-sini. Namun di NTB ada cara baru yaitu bisa memesan lokasi pemakaman melalui website xmartcitylombok.com atau aplikasi yang bisa diunduh di Google Play Store. Pada layanan pemesanan makam, melalui website dan aplikasi yang dimaksud, masyarakat akan bisa menemukan fitur yang membantu dalam memilih lokasi makam berdasarkan daerah, mengetahui lokasi makam yang statusnya kosong atau sudah terisi, juga memilih dan memesan makam langsung dari aplikasi. Dengan sarana digital ini memungkinkan masyarakat Lombok lebih mudah dalam mencari dan melakukan pemesanan lokasi pemakaman. Layanan digital ini cukup inovatif dan unik, bahkan adalah yang pertama dilakukan di Indonesia. Untuk sementara layanan digital ini baru bisa dinikmati di 5 wilayah NTB meliputi daerah Karang Medain dan Bintaro, Kabupaten Lombok Barat di Demong Jempong dan Pemate, Lombok Tengah di Sengkerang dan Leneng Puah Raya, Lombok Timur di Selong dan Jero Waru, dan Lombok Utara di Nang Sebali Tanjung dan Karang Baru Pemenang.

XL Tunai, Bayar Pajak Kendaraan Bermotor
Cara bayar Pajak dengan XL Tunai
XL dan Pemerintah Provinsi NTB juga mulai mengimplementasikan kerjasama layanan XL Tunai untuk pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor. XL Tunai bisa menjawab kebutuhan Pemerintah Provinsi NTB untuk meningkatkan tingkat pembayaran pajak, sekaligus mempermudah masyarakat untuk melakukan pembayaran. Layanan digital ini juga yang pertama dilakukan di Indonesia. Dengan XL Tunai, maka layanan pembayaran pajak kendaraan bermotor akan lebih cepat dan efektif. Pada saat jatuh tempo pembayaran pajak, pelanggan dapat melakukan pembayaran melalui XL Tunai, dengan mengakses menu di *123*120#. Fasilitas inovatif ini sudah bisa dimanfaatkan masyarakat NTB. Selain itu sudah tersedia 1 loket untuk mencetak bukti pembayaran dan akan ditambahkan menjadi 6 loket yang tersebar di beberapa tempat di Mataram.
Media Dakwah
Media Dakwah Online
Seperti diketahui sekarang ini lagi hits soal Vlog (video blogger). Namun gue pesenin buat para vlogger mending jangan ke NTB deh. Karena di NTB Anda-Anda ini punya saingan baru. Saingannya namanya Youtubers Kyai. Jadi, selain reservasi makam, XL juga membantu para ulama Lombok dalam melakukan aktivitas dakwah melalui media digital. Melalui media dahwah online ini, para ulama akan bisa menyebarkan materi dakwah dalam format video kepada masyarakat NTB. Para ulama memandang, materi dalam format video bisa menjadi sarana alternatif dakwah mengingat masyarakat juga suka menyimak pengajian secara audio visual. Video Dakwah tersebut kemudian akan didistribusikan lewat media jejaring sosial khusus video YouTube. Saat ini sudah ada 7 ulama (Youtubers Kyai) yang secara rutin mengisi konten dakwah ini, yaitu TGH Muh Khairi, KH Zainuddin Sulaiman, TGH Husain Basri, TGH Safwan Hakim, KH Zainudin Sulaiman, TGH Muharror Mahfuz, dan Ustad Satriawan Lc.
Website Panti Asuhan
Tampilan Pilihan Panti Asuhan
Dan yang terakhir, XL dan Pemerintah Provinsi NTB juga meresmikan implementasi dari pembangunan website yang didedikasikan bagi kalangan panti asuhan di Lombok. Website ini akan bermanfaat untuk mempermudah proses sosialisasi kepada masyarakat luas mengenai kondisi dan kebutuhan setiap Panti Asuhan di daerah tersebut. Website ini sekaligus akan mempermudah masyarakat untuk bisa menyalurkan donasi kepada panti-panti tersebut. Saat ini jumlah panti asuhan yang ada di Lombok ± 1500 dan yang telah mendaftar sudah 20 panti asuhan. Dalam pembangunan website ini, XL mendapatkan dukungan teknis secara penuh dari STIMIK Bumigora, Mataram. XL memang selalu menggandeng perguruan tinggi setempat dalam membangun saranan digital terkait program XmartCity dan XmartVillage di berbagai daerah.

Related Post

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
Ety Abdoel
AUTHOR
February 13, 2016 at 7:59 AM delete

NTB keren ih perkembangannya. Semoga semakin banyak wilayah timur yang terjangkau teknologi dan semakin banyak juga pemda yang melek IT agar maksimal dalam memberikan pelayanan pada masyarakat.

Reply
avatar
February 13, 2016 at 12:18 PM delete

Semoga semua lapisan masyarakat bisa melek teknologi.

Reply
avatar
February 19, 2016 at 7:04 PM delete

Eh..jakarta udah kayak gini belum.. Kalau sudah saya malah ngga tau loh.. Semoga hadirnya inovasi xl di lombok membuat keterbukaan informasi semakin bermanfaat... :)

Reply
avatar

Terima kasih sudah mau berkunjung dan meninggalkan jejak di mari. EmoticonEmoticon