Mengenal Macam - Macam USB

October 21, 2016
Horas bah!!!
Jawab jujur ya gaess...kalo denger kata USB apa yang terlintas di benakmu? Bagi orang awam (bukan gaptek ya) istilah USB itu dekat dengan flash disk. Gue ngomong begini karena memang banyak orang-orang di sekitar gue yang sering menyebut flash disk itu USB. "Bro, pinjem USB loe donk, gue mau copy data nih." Kalimat yang sering gue denger. Dan gue gak berani bilang itu salah atau benar. Soal nama whatever lah ya.

Buat yang pengen tau, gue kasih tau. Tapi sebelumnya, please jangan bilang gue menggurui atau sok tau ya. Apa yang gue posting ini berdasar pengetahuan gue aja. Tidak usah dibandingkan dengan artikel lain. Anggap saja ini sebagai tambahan referensi hehe...


USB itu bukanlah flash disk. Tapi USB atau Universal Serial Bus itu adalah suatu teknologi yang membantu untuk menghubungkan satu perangkat teknologi (seperti smartphone, printer, scanner, de el el) ke perangkat komputer atau laptop. Sedangkan flash disk itu adalah media penyimpanan data eksternal yang memiliki port USB sebagai penghubung ke komputer. Jadi, USB itu port (bahasa keseharian colokan) dan flash disk itu medianya. Biar lebih paham lagi, silahkan dibaca sampe finish ya. Jangan cuman di scroll doank.

USB Type A


USB type A merupakan generasi pertama yang sampai sekarang masih sering digunakan. Bisa dibilang type A ini uiversal punya karena merupakan standard yang masih digunakan pada perangkat PC atau laptop, modem, flash disk, kabel data, de el el. Dari semua flash disk yang beredar di pasar masih menggunakan port USB type A. Asumsi saya sih mungkin karna inilah maka orang sering menyebut flash disk itu USB.
USB Type A
USB type A ada 2 varian. Pertama yang Male dan yang kedua Female. Untuk perbedaannya bisa dilihat pada gambar.

USB Type B

USB type B merupakan model USB yang banyak kita temukan pada port casan henpon dan harddisk eksternal. Bentuknya lebih kecil dibanding type A. Rata-rata smartphone yang beredar di pasaran menggunakan USB type B sehingga banyak orang yang sudah familiar dengan bentuknya. Saking familiarnya orang sering menyebutnya dengan "colokan biasa."
USB Type B
Untuk USB type B terdiri dari dua varian. Varian pertama dengan bentuk satu kepala (sebut saja colokan) dan yang kedua dengan model dua kepala (bahasa kerennya Micro USB 3.0). Varian MicroUSB 3.0 kebanyakan digunakan pada harddisk eksternal karena memiliki daya hantar yang lebih kuat.

Berikut beberapa variasi lainnya dari USB type A & B :
Sumber : http://www.l-com.com/images/usb-tutorial_connectors.gif (credit to Maseko)

USB Type C

Dan yang terakhir adalah USB type C. Ini merupakan generasi terbaru yang belum banyak digunakan oleh perangkat teknologi. Jujur, produk pertama yang gue lihat menggunakan USB type C itu adalah notebook Asus A456. Sorry bro, ini bukan iklan atau endosmen hehe...
USB Type C
Katanya sih USB type C akan menjadi standard port terbaru yang akan digunakan pada perangkat digital karena memiliki peningkatan kecepatan transfer data dibandingkan dengan USB standard lainnya. Ukuran serta bentuknya yang lebih kecil dan simetris menjadi nilai lebih. Dan karena bentuknya simetris, USB type C bisa dipakai secara bolak-balik. Artinya, tidak perlu pusing memikirkan mana posisi bawah dan yang mana posisi atas seperti yang ada pada USB type B.

USB saat ini terdiri dari beberapa versi. Pertama kali diluncurkan dengan versi 1.1, lalu berkembang menjadi versi 2.0, dan hingga kini muncul dengan versi 3.1 yang katanya kecepatan transfer datanya jauh lebih cepat dibanding versi sebelumnya.

Nah, demikian sekilas info gambaran tentang USB atau Universal Serial Bus. Kalau ada pertanyaan atau mungkin ada yang salah atau ada yang mau nambahin info, sok atuh lah jangan sungkan meninggalkan jejak. Semoga artikel ini bermanfaat buat kita semua. Salam blogger Indonesia.

Related Post

Previous
Next Post »

8 comments

Write comments
October 21, 2016 at 9:35 PM delete

nice info gan, skrg kebanyakan charger hp pake usb tipe terakhir


Regards
Budy | Travelling Addict
www.travellingaddict.com

Reply
avatar
October 22, 2016 at 12:16 AM delete

http://www.l-com.com/images/usb-tutorial_connectors.gif

Reply
avatar
Horas
AUTHOR
October 24, 2016 at 9:57 AM delete

Iya gan, apalagi hapenya dilengkapi fitur fast charging jadi makin cepat full-nya.
Thanks atas kunjungannya ya.

Reply
avatar
Horas
AUTHOR
October 24, 2016 at 10:03 AM delete

Thanks Maseko masukannya, galery update.

Reply
avatar
Horas
AUTHOR
October 24, 2016 at 10:04 AM delete

Iya lae, semoga bermanfaat.

Reply
avatar
Horas Fans
AUTHOR
February 23, 2017 at 10:36 AM delete

keren banget, jadi tambah ilmu... makasih ya min...

Reply
avatar
Horas bro
AUTHOR
March 2, 2017 at 1:13 PM delete

baru tau ada tipe usb C.. thanks inpoohnya..

Reply
avatar

Terima kasih sudah mau berkunjung dan meninggalkan jejak di mari. EmoticonEmoticon