Tips Travelling Hemat ala Bapak-Bapak

October 22, 2016
Horas bah!!!
Melakukan rutinitas sehari-hari itu kadang membosankan. Hari demi hari dilalui dengan aktivitas sama setiap harinya. Kata orang hidup itu harus balance. Tubuh dan otak sekali-kali butuh penyegaran. Untuk itu perlu ada yang namanya piknik atau travelling.
Siapa sih yang gak butuh piknik? Jujur, gue sih butuh. Setiap hari kegiatan gue ngantor. Abis ngantor pulang ke rumah. Kantor rumah - kantor rumah, setiap hari begitu. Bosan keles. Makanya butuh piknik, apalagi kalo ada yang bayarin hehe...(ngarep).
Kadang yang bikin orang malas atau bahkan gak kepikiran untuk piknik itu karena kendala biaya. "Wah tiketnya mahal nih. Hotelnya juga mahal. Belom lagi ntar makannya." Buat bapak-bapak yang perhitungan kayak gue, pasti akan langsung berpikir begitu. Kebiasaan ke mana-mana selalu perhitungan. Maklum bro, nyari duit itu susah. Apalagi udah berkeluarga, pengeluaran satu rupiah pun harus diperhitungkan. Pelit? No!!! Tapi penuh perhitungan (ngeles).
Nah, buat loe yang mau piknik atau travelling gue punya tips hemat nih. Jujur gue sih bukan seorang traveller atau bagpacker yang sudah sering jalan-jalan. Tapi semoga tips ini bisa menjadi masukan.

1. Rencanakan Perjalanan

Sumber : www.pixabay.com
Tips yang pertama adalah perencanaan perjalanan. Ingat! Segala sesuatu yang direncanakan hasilnya akan lebih baik dibanding yang tanpa rencana atau langsung. Dengan merencanakan perjalanan, loe jadi ada waktu buat nabung dana dulu. Selain itu, loe juga ada waktu buat atur cuti (bagi karyawan). Dengan perencanaan yang matang, loe bisa mengatur semua perjalanan hingga limit terendah. Loe juga jadi ada kesempatan untuk hunting tiket dan hotel murah. Dengan merencanakan perjalanan, loe bisa mengatur budget.

2. Manfaatkan Promo

Sumber : www.pixabay.com
Tidak jarang sebuah maskapai penerbangan memberikan promo gede-gedean. Bahkan gue pernah lihat salah satu maskapi penerbangan, sebut saja AA memberikan promo free tiket pulang kalau pesan tiketnya PP. Demikian juga dengan hotel. Bisnis hotel sekarang ini menjamur. Mulai dari kelas melati hingga bintang lima. Hal ini membuat mereka berlomba-lomba memberikan promo /discount demi menarik pengunjung. Belum lagi sekarang ini banyak toko-toko online penjualan tiket dan booking hotel. Rata-rata toko online ini mempunyai program promo /discount. Silahkan memanfaatkan promo-promo tersebut.

3. Riset atau Survei Tempat Tujuan

Sumber : www.pixabay.com
Pergi piknik atau travelling, tentu harus ada tujuan. Gak mungkin kan, pergi tanpa tujuan? Pergi tanpa tujuan itu minggat namanya. Sebelum travelling, usahakan untuk riset atau survei dahulu tempat tujuan. Ini perlu supaya loe bisa tahu, tempat-tempat mana saja yang menarik dan hendak dikunjungi nanti. Selain itu juga supaya loe bisa tahu apakah tempat tersebut cocok dan sesuai dengan ekspektasi loe buat berlibur atau tidak?
Dengan survei ini juga loe jadi bisa atur budget yang dibutuhkan selama di tempat tujuan. Survei ini bisa dilakukan dengan mencari-cari informasi di internet, baca-baca buku travell, tanya temen, atau bisa juga tanya-tanya ke travel agent.

4. Cari Penginapan Murah

Sumber : www.zenrooms.com
Selain tiket, hotel atau penginapan menjadi faktor penting ketika travelling. Kan gak lucu juga kalau jadi gembel (tidur di jalanan) di negeri orang. Hemat sih hemat, tapi gak tidur di jalan juga keles.
Usahakan untuk mencari hotel yang murah. Seperti tips nomor 2 tadi, manfaatkan hotel promo. Banyak kok pengimapan murah tapi gak murahan. Contohnya Zen Rooms. Kamarnya nyaman dengan berbagai fasilitas di dalamnya. Zen Rooms juga sering memberikan promo /discount hingga 30%. Dan lebih gila lagi, Zen Rooms memberikan jaminan kualitas 100%. Artinya kalau loe merasa gak nyaman menginap di Zen Rooms, uang kembali. Zen Rooms memberikan kenyamanan dengan kesan kemegahan.

5. Nebeng Teman

Sumber : www.pixabay.com
Tips yang ini sih tergantung kondisi pertemanan. Itulah pentingnya networking ya guys. Menumpang sama teman atau bahasa kerennya nebeng bisa menjadi alternatif ketika travelling. Apalagi kalau teman punya kendaraan pribadi, bisa menghemat biaya hotel dan ongkos jalan selama di tempat tujuan. Kalau di luar negeri sih nebeng atau hitchcliker itu sudah biasa. Sering kan nonton film-film luar negeri? Ada orang nyetop mobil pribadi atau mobil pengangkut barang dan menumpang naik sampai tujuan.
Selain menghemat cost, dengan nebeng sama temen loe juga bisa ngorek informasi seputaran tempat tersebut. Ini akan memperkuat informasi dari hasil riset tadi.

6. Hindari High Season

Sebisa mungkin hindari travelling di musim liburan atau high season. Sudah menjadi hukum ekonomi, semakin banyak permintaan semakin mahal harga. Selain harga tiket dan hotel mahal, biasanya tempat-tempat tujuan wisata berbayar, harganya juga ikut-ikutan naik di musim liburan. "Wahh, liburannya gak seru donk bro klo bukan hari libur?" Kata siapa?! Hari libur di Indonesia kan belum tentu sama dengan hari libur negara lain. Lagi pula, namanya tempat wisata pasti selalu rame (walau gak serame hari libur). Dan yang bikin liburan itu seru atau gak kan tergantung kita bagaimana melaluinya.

7. Belanja Seperlunya

Belanja oleh-oleh menjadi suatu hal yang selalu dilakukan orang setiap travelling. Baik untuk koleksi pribadi maupun untuk diberikan ke orang lain. Namun jangan menjadikan ini sebagai beban. Belanja oleh-oleh yang seperlunya saja. Yang penting bisa memberikan kesan atau meninggalkan kenangan bagi yang menerimanya. Tidak perlu mahal, yang penting unik. Untuk mendapatkan harga yang lebih murah (biar hemat), belanja oleh-oleh bisa dilakukan di pasar-pasar tradisional. Biasanya banyak karya-karya lokal yang dijual di pasar. Dan yang paling penting, belanja di pasar bisa ditawar.

8. Travelling Dalam Kota atau Dalam Negeri

Banyak yang berpikir travelling menyenangkan itu harus jauh. Padahal travelling itu gak mesti ke luar negeri. Banyak kok tempat-tempat seru dan indah di dalam negeri yang bisa dikunjungi. Ada gunung, pantai, dan desa-desa wisata. Tidak usah jauh-jauh, bahkan di sekitar kita sendiri banyak kok objek wisata yang asik untuk dikunjungi. Seperti Jakarta misalnya, ada objek wisata Pantai Anyer, Pantai Labuhan Ratu, Pulau Tidung, Pulau Bidadari, dan lain-lain. Semua tempat ini masih bisa dijangkau dengan budget minim.

Inilah beberapa tips travelling hemat ala bapak-bapak perhitungan kayak gue. Jika ada yang mau menambah, jangan sungkan berkomentar. Intinya travelling itu gak perlu mahal, yang penting seru.

#ZenRoomsID #TravelingHemat

Related Post

Previous
Next Post »

26 comments

Write comments
Mariana
AUTHOR
October 24, 2016 at 11:30 AM delete

bapak-bapak sama kayak emak2 yaaa ternyata.. nyari promo :p

Reply
avatar
Horas
AUTHOR
October 24, 2016 at 11:46 AM delete

Sssttt...jangan kenceng-kenceng ngomongnya, ntar ketauan :D

Reply
avatar
Reni
AUTHOR
October 24, 2016 at 2:58 PM delete

Betul ito, 'taveling gak usah mahal yg penting seru' ��

Reply
avatar
Okti Li
AUTHOR
October 24, 2016 at 3:37 PM delete

Kirain suami saya aja yang suka cari-cari yang miring itu
ihihi...

Reply
avatar
October 24, 2016 at 3:59 PM delete

wah boleh juga nih tips traveling hematnya meskipun bapak2 harus tetep hemat ya

www.travellingaddict.com

Reply
avatar
October 24, 2016 at 3:59 PM delete

wah boleh juga nih tips traveling hematnya meskipun bapak2 harus tetep hemat ya

www.travellingaddict.com

Reply
avatar
Horas
AUTHOR
October 24, 2016 at 5:55 PM delete

Apalagi klo ada yang ongkosin, makin seru ito xixi..

Reply
avatar
Horas
AUTHOR
October 24, 2016 at 5:57 PM delete

Maklum teh, nyari duit makin susah *curcol :p

Reply
avatar
Horas
AUTHOR
October 24, 2016 at 5:58 PM delete

Wahhh...jadi malu dikomentari sama travelling addict *buru-buru tutupin muka*

Reply
avatar
October 24, 2016 at 7:24 PM delete

Liat-liat di websitenya, Zenroom ini lebih murah daripada kamar yang lain, ya. Kudu nyoba nih sesekali...

Reply
avatar
October 24, 2016 at 7:49 PM delete

travelling >< mudik ya lae :)

Reply
avatar
October 25, 2016 at 12:56 AM delete

Meski udah Bapak-bapak..semangat travellingnya tetep jalan
*Semangaat

Reply
avatar
Cerita Piknik
AUTHOR
October 25, 2016 at 5:23 AM delete

Ternyata Bapak2 juga punya tips khusus nih biar traveling lebih hemat. Good tips Kaka.

Reply
avatar
Rotun DF
AUTHOR
October 25, 2016 at 8:59 AM delete

Woah, harus disodorin ke suami ni artikel :D
Poin2nya iya banget deh. Terutama nyari tiket promo dan nyari penginapan murah :3

Reply
avatar
kakdidik13
AUTHOR
October 25, 2016 at 8:00 PM delete

Wuih, asyik.... makasih ya bang tips travellingnya.... bookmark ah :D Horas

Reply
avatar
Nurul Noe
AUTHOR
October 26, 2016 at 7:53 AM delete

Aku udh lama nih gk ngintip promo tiket murah, sejak nambah anak jd mikir krn biaya dobel. Haha. Padahal, sebenernya bisa banyak cara ya uyk siasati travelin hemat, salah satunya menekan budget menginap ituu

Reply
avatar
Ida Tahmidah
AUTHOR
October 26, 2016 at 3:49 PM delete

wah biasanya bapak-bapak ga mikirin hemat engganya ..hihi

Reply
avatar
Horas
AUTHOR
October 27, 2016 at 9:13 AM delete

Iya, jadi mupeng nyobain staycation di zen rooms.

Reply
avatar
Horas
AUTHOR
October 27, 2016 at 9:14 AM delete

Haahaha...biar hemat maseko :p

Reply
avatar
Horas
AUTHOR
October 27, 2016 at 9:15 AM delete

Biar gak bosen mba, sekali-kali refreshing :D

Reply
avatar
Horas
AUTHOR
October 27, 2016 at 9:16 AM delete

Namanya juga bapak-bapak perhitungan *ehh :p

Reply
avatar
Horas
AUTHOR
October 27, 2016 at 9:18 AM delete

Sekarang ini banjir promo, mubajir klo gak dimanfaatin.

Reply
avatar
Horas
AUTHOR
October 27, 2016 at 9:20 AM delete

Asseeekkk...di bookmark sama mas didit. Makasih loh mas kunjungannya.

Reply
avatar
Horas
AUTHOR
October 27, 2016 at 9:23 AM delete

Klo gitu ngintipin sponsor aja yuk mba, sapa tau ada yang mau ajak halan-halan haratis xixi..

Reply
avatar
Horas
AUTHOR
October 27, 2016 at 9:24 AM delete

Nah, klo yang ini bapak luar biasa, penuh perhitungan *oopss.

Reply
avatar
Desi
AUTHOR
October 27, 2016 at 9:54 PM delete

Bapak-Bapak hemat biar travellingnya makin sering, kluarga pun bahagia

Reply
avatar

Terima kasih sudah mau berkunjung dan meninggalkan jejak di mari. EmoticonEmoticon